Urbantale – Sebagai seorang istri, sudah tugas Anda mengatur keuangan rumah tangga agar bisa cukup memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Namun, kadang pengeluaran dengan pemasukan lebih banyak pengeluarannya. Jika sudah begini, maka Anda membutuhkan cara cerdas mengatur keuangan rumah tangga.

mengatur keuangan rumah tangga

1. Coba kalkulasikan pendapatan

Langkah pertama untuk mengatur keuangan rumah tangga adalah dengan menjumlahkan semua pendapatan yang Anda dapatkan selama satu bulan. Baik itu gaji pokok, penghasilan tambahan, penghasilan sampingan, imbalan investasi, tambahan lembur atau lainnya.

Tujuan mencatat semua penghasilan ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar dana yang Anda dapatkan selama satu bulan. Dengan demikian dana tersebut bisa dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan primer, sekunder maupun tersier.

2. Susunlah rencana pengeluaran selama satu bulan

Jika jumlah pendapatan sudah di kalkulasi, maka langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan merencanakan pengeluaran. Ingat, pastikan pengeluaran tersebut hanya hal-hal yang penting dan dibutuhkan.

Misalnya pengeluaran untuk makan dan minum, bayar tagihan listrik, air, transportasi, sewa rumah, kartu kredit, hutang, dan biaya rutin lainnya. Dengan demikian, Ada bisa mengetahui jumlah sisa dari uang yang dimiliki.

3. Jangan lupa sisihkan untuk tabungan dan investasi

Sebelum menghabiskan penghasilan untuk kepentingan lainnya, ada baiknya jika Anda menyisihkan pendapatan sekitar 25-30% untuk tabungan, investasi, maupun asuransi. Hal ini sangat penting mengingat seseorang harus memiliki tabungan untuk mencukupi kebutuhan yang mendesak.

4. Jangan lupa untuk menyiapkan dana cadangan

Ada kalanya ada kebutuhan yang tak terduga. Karena itu, jangan habiskan semua penghasilan Anda untuk hal-hal yang kurang penting. Ada juga harus menyiapkan dana cadangan jika sewaktu-waktu membutuhkan kebutuhan yang mendesak.

Untuk dana cadangan ini, Anda bisa menyisihkan berapapun terserah sesuai dengan keinginan Anda. Di sini, Anda juga tidak boleh mengusik dana cadangan untuk keperluan lain. Pastikan dana ini hanya digunakan untuk kepentingan yang mendesak saja hingga akhir bulan. Jika hingga akhir bulan tidak digunakan, Anda bisa menggunakannya atau bahkan ditabung lagi.

Dengan menggunakan cara cerdas mengatur keuangan rumah tangga di atas, dijamin deh Anda tidak akan mengalami kekurangan di akhir bulan. Bahkan yang terjadi justru masih ada sisa uang yang bisa dimanfaatkan secara maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *